Bithour Production - 10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Sang Kiai (RAPI Films), Soekarno (MVP Pictures), Kartini (Legacy Pictures)

Setiap Aktor maupun Aktris selalu mendapatkan peran berbagai macam, menjadi seorang remaja, orang dewasa, orang tua, dan lain sebagainya dengan berbagai macam genre seperti Action, Fantasi, Drama, Romantis, dan lain sebagainya. Dan seperti yang kita ketahui bahwa Aktor dan Aktris harus bisa memerankan berbagai macam karakter dengan genre film apapun, tak hanya itu terkadang film dengan tokoh Pahlawan Nasional pun harus bisa dilakoni oleh Aktor dan Aktris.

Dan berikut ini beberapa Aktor dan Aktris Indonesia yang pernah memerankan Tokoh Pahlawan Nasional. Kira-kira siapa sajakah mereka? Dan apakah kalian pernah menonton Film yang diperankan mereka?

Diantaranya beberapa Aktor dan Aktris ini bisa dibilang cocok bahkan mirip dengan karakter Tokoh Pahlawan yang mereka perankan dalam filmnya. Berikut diantaranya adalah :

Christine Hakim

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Cut Nya Dien – Christine Hakim

Aktris senior Christine Hakim merupakan aktris yang sudah tidak diragukan lagi perannya dalam dunia perfilman. Sudah belasan film yang diperankan Aktris senior ini, film yang sudah diperankan Christine Hakim diantaranya adalah Perempuan Tanah Jahanam (2019), Ibu Maafkan Aku (2016), The Gift (2017), Sang Kiai (2013), dan masih banyak lagi film yang diperankan.

Tetapi Christine Hakim dipercaya untuk berperan sebagai Tjoet Nja Dhien, tokoh pahlawan wanita hebat dari Pulau Sumatera dengan judul film yang sama ‘Tjoet Nja Dhien’. Film ini dirilis dan ditayangkan pada tahun 1988 dan film ini menjadi film yang sangat berpengaruh.

Dian Sastrowardoyo

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Kartini – Dian Sastrowardoyo

Aktris cantik satu ini memang sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak dirinya masih remaja dimana dirinya pernah beradu akting dengan Nicholas Saputra. Film yang pernah dibintanginya adalah Ada Apa Dengan Cinta (2002&2016), The Night Comes For You (2018), Aruna dan Lidahnya (2018), dan lain sebagainya.

Dian Sastrowardoyo tidak pernah diragukan lagi soal aktingnya dan dirinya dipercaya untuk memerankan sosok Kartini dengan judul yang sama yaitu ‘Kartini’ yang dirilis tanggal 19 April 2017.

Ario Bayu

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Soekarno – Ario Bayu

Aktor tampan Ario Bayu yang memiliki badan gagah ini juga merupakan salah satu Aktor yang sering berakting di beberapa film, diantaranya adalah Buffalo Boys (2018), Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018), Java Heat (2013), Dead Mine (2012), dan lain sebagainya.

Dan Ario Bayu dipercaya untuk berperan sebagai Ario Bayu dalam film yang digarap oleh Hanung Bramantyo dengan perannya sebagai Soekarno dalam judul film yang sama yaitu ‘Soekarno’ yang dimana film ini dirilis pada tanggal 11 Desember 2013 silam.

Reza Rahadian

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Tjokroaminoto – Reza Rahadian

Aktor tampan Reza Rahadian juga merupakan salah satu aktor Indonesia yang patut diperhitungkan dalam berakting. Sudah beberapa film yang diperankan oleh Reza Rahadian, seperti film Habibie & Ainun (2012), My Stupid Bisa (2016), 3 Srikandi (2016), Imperfect: Karir, Cinta, dan Timbangan (2019), dan lain sebagainya. Reza Rahadian memang sudah beberapa kali memerankan peran penting lainnya seperti peran BJ Habibie.

Reza Rahadian ditunjuk untuk memerankan sosok Pahlawan Tjokroaminoto dengan judul film ‘Guru Bangsa: Tjokroaminoto’ yang dirilis pada tanggal 9 April 2015 yang lalu.

Baca Juga: 10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional

Tika Bravani

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Ibu Fatmawati – Tika Bravani

Aktris cantik yang juga sering wara wiri di perfilman adalah Tika Bravani ini juga dikenal di beberapa film seperti Shu Shu Cat (2016), 5 Cowok Jagoan (2017), Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (2010), dan lain sebagainya.

Tika Bravani ditunjuk oleh Sutradara Hanung Bramantyo untuk berperan sebagai Ibu Fatmawati dalam Film ‘Soekarno’ yang dimana Ibu Fatmawati berperan sebagai sosok yang menjahit Bendera Indonesia dan sebagai istri dari Soekarno dalam film. Dan sempet berperan dengan Ario Bayu.

Adipati Dolken

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Jenderal Soedirman – Adipati Dolken

Aktor tampan yang selalu tampil di layar lebar perfilman yang banyak digemari remaja-remaja kebanyakan yaitu Adipati Dolken. Beberapa film yang pernah diperankan oleh Aktor tampan ini adalah Film Posesif (2017), Love For Sale (2019), dan film lain sebagainya.

Dan Adipati Dolken ditunjuk untuk berperan sebagai pemeran Tokoh Pahlawan yaitu Jenderal Soedirman dengan judul film yang sama. Aktor tampan ini sudah dipercaya untuk berperan dalam film tersebut.

Mathias Muchus

Aktor senior Mathias Muchus memang sudah dikenal dengan beberapa filmnya, dan sudah terkenal dengan aktingnya yang bagus. Film yang pernah diperankannya adalah film Sang Pemimpi (2009), Toba Dreams (2015), Petualangan Sherina (2000), Roro Mendut (1982), Laskar Pelangi (2008), dan lain sebagainya. Masih banyak lagi film yang diperankan oleh Aktor senior satu ini.

Dan Mathias Muchus ditunjuk untuk memerankan peran penting yaitu tokoh pahlawan nasional yaitu Tan Malaka yang dimana sosok Tan Malaka masih dalam film Jenderal Soedirman yang dimana dirinya adalah sosok pemikir bangsa yang andil dalam kehidupan bangsa, yang dimana turut diceritakan dalam film ini.

Lukman Sardi

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
KH. Ahmad Dahlan – Lukman Sardi

Siapa yang tidak kenal Aktor Lukman Sardi yang dimana sudah beberapa kali tampil dalam beberapa film yang sudah pernah di perankannya. Film yang pernah diperankan oleh Lukman Sardi adalah Film Sang Pemimpi (2009), Gie (2005), Merah Putih (2009), Dibalik 98 (2015), dan masih banyak lagi film yang diperankannya.

Dan sosok Lukman Sardi pernah dipercaya untuk memerankan sosok KH. Ahmad Dahlan dalam film ‘Sang Pencerah’, dan Lukman Sardi juga pernah dipercaya untuk berperan sosok Tokoh Pahlawan sebagai sosok Bung Hatta dalam Film ‘Soekarno’. Dan sosok Lukman Sardi memang sudah dipercaya berperan dalam film yang penting dan nama Lukman sardi kini mudah dikenal oleh masyarakat luas berkat perannya yang epik.

Nirwan Dewanto

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
Albertus Soegijapranata -Nirwan Dewanto

Aktor Nirwan Dewanto merupakan salah satu aktor senior memang jarang didengar oleh kalangan penikmat film lainnya, tetapi ada juga yang sudah mengenal sosok Nirwan Dewanto. Penikmat film akan mengenal sosok Nirwan Dewanto dalam beberapa film yang diperankannya seperti Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015). Opera Jawa (2006), Mata Tertutup (2011), dan lain sebagainya. Memang dalam beberapa film yang diperankannya tidak banyak mengenal sosoknya.

Akan tetapi sosoknya semakin dikenal dengan perannya sebagai Albertus Soegijapranata dalam Film ‘Soegija’. Sosok Albertus Soegijapranata memang berpengaruh pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Dan mengapa Nirwan Dewanto bisa dipilih untuk memerankan sosok Albertus? Dikarenakan Sutradara Film ‘Soegija’ melihat kemiripan antara Nirwan Dewanto dan sosok Albertus Soegijapranata.

Ikranagara

10 Aktor dan Aktris yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Nasional
NU KH. Hasyim Asyari – Ikranagara

Yang terakhir ada Aktor senior Ikranagara yang dimana sosok nya sudah dikenal beberapa film. Diantaranya adalah Garuda di Dadaku (2009), Laskar Pelangi (2008), Under The Tree (2008), Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986), dan lain sebagainya. Dan sosok Ikranagara juga memang Aktor yang dimana pasti masih jarang diketahui penikmat film akan tetapi jika penikmat film sudah mengetahui film yang diperankannya maka akan tahu sosok Aktor senior Ikranagara seperti apa beliau.

Dan Ikranagara dipercaya untuk memerankan sosok pahlawan dengan nama NU KH. Hasyim Ashari dalam film Sang Kiai. Yang dimana kecocokan antara keduanya sangat mirip sehingga sang sutradara mempercayainya untuk berperan tokoh tersebut, yang sosok KH. Hasyim Ashari yang dimana sosoknya yang mendapatkan peran penting tersebut.

Jadi, menurut kalian sebagai penikmat film manakah Aktor dan Aktris yang sangat cocok memerankan sosok pahlawan nasional? Dan apakah menurut kalian apakah ada yang lebih cocok dan pantas dalam memerankan sosok pahlawan nasional lainnya.

Kira-kira jika sosok pahlawan nasional lainnya diperankan oleh Aktor dan Aktris lainnya bagaimana menurut kalian? Apakah ada yang cocok dan pantas memerankannya?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here