Bithour
Netflix

Bitblog– It’s Okay to Not Be Okay merupakan drama comeback Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji. KDrama It’s Okay to Not Be Okay ini mengisahkan tentang seorang perawat jiwa bernama Moon Kang Tae yang tak memiliki waktu untuk cinta dan penulis buku dongeng yang bernama Go Moon Young yang mempunyai gangguan antisosial.

KDrama It’s Okay to Not Be Okay yang tayang di tvN dan Netflix ini menggabungkan tema kesehatan mental, healing, keluarga, dan pertemanan. Karena itu, tak heran KDrama  ini mengandung banyak pesan moral. Contohnya, lima poin berikut ini.

  1. Don’t judge a book by it’s cover
Bithour
TvN

Peribahasa di atas memang sangat familiar, namun penerapannya masih saja susah, mudah bagi kita menilai seseorang baik maupun buruknya hanya dengan penampilan luarnya saja, namun, penilaian ini tentu tidak selalu benar. Terkadang karena stigam yang melekat pada orang tersebut membuat kita bias dan salah dalam menilai. Hal ini dapat dilihat dari karakter Go Moon Young, ia selalu dinilai memiliki pribadi yang dingin dan egois, padahal jika kita perhatikan tindakan eksentrik yang ia lakukan justru membantu orang lain.

  1. Teruslah berbuat baik kepada siapapun
Bithour
TvN

Masih mengenai Go Moon Young. Ia yang dijuluki ‘psikopat’, nyatanya diam-diam memiliki luka batin. Saat kecil, ia mengalami pegalaman traumatis yang sulit untuk disembuhkan, kejiwaan sang ibu yang terganggu membuat dirinya minim kasih sayang dan membuatnya memiliki gangguan kepribadian antisosial. 

Dari sini kita bisa menarik pelajaran penting, bahwa setiap orang memiliki luka yang terus ia pikul, karena itu berusahalah menjadi orang baik setiap saat.

Baca Juga: 5 Jenis Ending Film yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Jangan menghina seseorang 

Pesan penting selanjutnya adalah, drakor ini mengajarkan kita untuk tidak mudah memberi stigma terhadap orang lain, seperti yang kita ketahui banyak sekali orang yang mudah menghina sesama manusia hanya karena dirinya cacat mental atau fisik. Melalui drama  ini kita bisa melihat bagimana pasien RSJ tidak ada bedanya dengan orang-orang yang normal. Mereka tetap layak dicintai dan dikasihi.

  1. Mencintai orang lain itu penting, tapi ingat bahwa dirimu sama pentingnya
Bithour
Netflix

Moon Kang Tae tak hanya sibuk merawat pasien di RSJ, namun juga menjadi caregiver bagi kakaknya yang memiliki gangguan spektrum autisme. Karena kesibukannya, ia sering lupa akan kebahagiaannya sendiri. Meski diam-diam sebetulnya ia juga ia ingin sekali menikmati hidup.

Dari sini kita belajar bahwa mencintai orang lain adalah hal penting. Namun, mencintai diri sendiri tidak kalah pentingnya.

  1. Kekerasan pada anak dampaknya bisa membekas bertahun-tahun

Dari episode 1 drama ini sudah menyuguhkan kisah-kisah mengenai anak-anak yang menjadi korban kekerasan oleh orangtuanya, serta tak mendapat cinta dan dukungan selayaknya keluarga. Anak-anak yang sedari kecil mendapat perlakuan seperti itu, ketika dewasa kan mengalami berbagi keluhan hingga gangguan mental. Bahkan di episode 11 terlihat pasien RSJ yang mengalami traumatis sepanjang hidupnya karena perlakuan orang tuanya dulu.

Itulah beberapa pesan mendalam yang bisa dipetik di drama It’s Okay to Not Be Okay ini, mana nih suaranya Bitlovers yang masih nungguin episode dari drama It’s Okay to Not Be Okay ini?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here