aktivis hong kong boikot film mulan

Bitblog- Aktivis pro-demokrasi di Hong Kong menyerukan boikot Mulan tak lama setelah film live action tersebut resmi dirilis secara internasional di Disney Plus pada 4 September 2020. Tak hanya aktivis Hong Kong saja yang beramai-ramai ingin memboikot film ini, saat ini aktivis asal Thailand dan Taiwan pun mendukung tindakan tersebut. 

Seruan yang sama telah disampaikan setahun yang lalu ketika pemeran Mulan, Liu Yifei, menyatakan dukungan kepada Kepolisian Hong Kong yang menggunakan kekerasan dalam meredam aksi pedemo.

Salah satu cuitan dari akun Joshua Wong mnyebutkan bahwa pihak Disney sangat tunduk kepada Beijing dan Liu Yifei dengan bangga mendukung kebrutalan polisi, ia menggap bahwa tindakan boikot Mulan adalah suatu bentuk hak asasi manusia.

“Karena Disney tunduk kepada Beijing dan karena Liu Yifei secara terbuka dan bangga mendukung kebrutalan polisi di Hong Kong, saya mendorong semua orang yang percaya pada hak asasi manusia untuk #BoycottMulan,” Tulisnya.

Salah satu aktivis pro-demokrasi Hong Kong yaitu, Jeffrey Ngo mengatakan bahwa ia juga menyoroti Dpnnie Yen yang selama ini selalu menentang aksi protes di Hongkong.

“@DonnieYenCT lebih keras menentang protes #HongKong dibandingkan @yifeicc, memperkuat propaganda China di Twitter yang mempromosikan kekerasan. Lebih parah dari itu semua, dia juga menggunakan wajah kulit hitam. Itu alasan kalian harus #BoycottMulan,” cuitnya.

Masalah ini bermula dari unggahan Liu Yifei yang mengungkapkan dukungannya kepada polisi Hong Kong lewat unggahan di media sosial, Weibo. Liu Yifei menulis bahwa dirinya secara terang-terangan mendukung polisi Hongkong.

“Saya mendukung polisi Hong Kong. Kalian bisa menyerang saya sekarang. Sungguh memalukan Hong Kong,” tulis Liu Yifei.

Unggahan tersebut memicu amarah para pedemo, mereka mengatakan bahwa dalam setiap melakukan aksi mereka selalu damai dan tertib, namun polisi selalu saja memakai kekerasan dan akhirnya menumbulkan bentrokan.

Namun, pada Februari 2020 lalu dalam sebuah wawancara Liu Yifei tidak lagi secara terang-terangan mengungkapkan dukungannya lagi kepada polisi Hong Kong. Ia pun berharap masalah ini dapat diselesaikan dengan cepat.

“Saya pikir ini jelas situasi yang sangat rumit dan saya bukan ahlinya. Saya benar-benar berharap ini dapat diselesaikan dalam waktu dekat. Saya pikir ini situasi yang sangat sensitif,” tutur Liu Yifei seperti dilansir The Hollywood Reporter awal tahun ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here