David Lynch I Have A Radio
David Lynch Theater

Bitblog – Aktor, sutradara dan musisi David Lynch kembali dengan music video terbarunya, I Have Radio. Music video ini cukup segar dengan memvisualisasikan secara kuat alunan musik menggunakan lukisan hitam putih. 

I Have A Radio adalah sebuah musik eksperimental. Selama enam menit sepuluh detik, kita disuguhkan dengan suara musik instrumental tanpa adanya lirik. Hanya ada beberapa patah kata saja di pertengahan awal yang diucapkan beberapa kali dengan suara serak, “I Have A Radio”. Setelah itu, alunan drum hanya diiringi dengan suara-suara yang sedikit aneh. Seperti ketukan-ketukan, suara putaran mencari stasiun radio.

Suara ketukan yang berbeda-beda dicampur ke dalam musik namun memiliki irama. Ketukan utamanya memang pelan, tapi suara-suara dan efek-efek yang muncul benar-benar menambah sensasi lain. 

Penggambaran lukisannya sendiri sangat cocok dengan alunan musik. Entah mengapa itu yang saya rasakan, apakah musik itu tergambar ke dalam lukisan atau lukisan itu tergambar dalam musik, rasanya keduanya benar. Lukisan hitam putih itu terdiri dari dua boneka yang satu dominan warna hitam, sedangkan yang lainnya warna putih. Gambar latar belakangnya lebih dominan ke warna putih seperti susu, dan warna hitam menggores di atasnya. Sepanjang video kita akan melihat lukisan itu bergetar.

Gerakan dua boneka itu mengikuti irama musik dengan tepat, dengan menggerakan kedua tangannya ke kanan dan ke kiri. Tiadanya kehebohan dalam gerakan tersebut mencerminkan suara musiknya yang memang memiliki tempo agak lambat.

Tidak semua orang bisa merasa nyaman mendengar suara musik seperti ini, apalagi dengan suara decitan yang sering dianggap sebagai suara bising. Namun bagi saya sendiri instrumental I Have A Radio memiliki daya magis tersendiri, seolah musik ini mampu menyusup ke dalam pikiran saya.

David Lynch memang seringkali membuat music video yang surealis, seperti di music video kali ini. Seringkali kita akan dibuat bingung dengan maksud di balik adegan atau musik yang dia buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here