2gether The Series Thai drama
2gether, Salah Satu Drama Thailand

Di Indonesia, dunia hiburan Korea memiliki jumlah penggemar yang besar. Mulai dari drama, film, hingga dunia musik yang diproduksi oleh negeri ginseng tersebut. Drama dan film Korea, walaupun kebanyakan yang digemari bergenre romantis, namun tidak lantas membuat genre lain tidak dipandang. Film-film dan drama Korea kini sudah mendapat pengakuan dari internasional, seperti Train to Busan dan Parasite. 

Di samping film Korea, ada juga film dan drama dari negara lain di Asia yang juga cukup populer di Indonesia, yaitu Thailand. Tidak seperti budaya hiburan Korea yang saking terkenalnya di Indonesia, orang yang bukan penggemar film atau drama sekalipun akan tahu. Tapi, film dan drama Thailand mungkin masih sedikit terdengar asing bagi sebagian orang. 

Memasuki masa pandemi, orang-orang membutuhkan banyak hiburan di rumah. Karena banyaknya waktu yang mereka miliki, banyak juga hiburan yang mereka jelajahi. Yang mungkin tidak terlalu disangka, hiburan dari Thailand menjadi semakin populer di Indonesia. 

Menurut survey yang dilakukan oleh IDN Times, popularitas dunia hiburan Thailand semakin naik ditandai dengan bertambahnya fans terhadap artis-artis Thailand. Baik serial, lagu, film dan artis-artis dari sana mendapat perhatian yang tak kalah dengan artis dari Korea. Popularitas ini semakin menaik terutama pada setahun terakhir. Para penggemar artis Thailand tersebar di seluruh Indonesia walaupun sebagian besar berasal dari Pulau Jawa. 

Hiburan dari Thailand dan munculnya penggemar bukan hal yang baru. Mereka telah ada sejak lama, lebih dari 5 tahun yang lalu. Walaupun memang, paling banyak adalah penggemar baru yang kurang dari satu tahun menggemari tontonan Thailand. 

Thailand memiliki sekumpulan drama Thailand yang sedang naik dan cukup populer akhir-akhir ini. Seperti misalnya SOTUS: The Series, Ugly Ducking, U-Prince Series, Hormones, The Stranded dan Make It Right. Dari dunia sinema bioskop, Thailand sebenarnya memiliki sederetan film berkualitas yang sudah diakui secara internasional melalui festival film atau kesuksesannya secara komersil. Seperti Pee Mak, Bad Genius, Ong Bak, Beautiful Boxer.

Tapi, mampukah drama Thailand menyusul atau bahkan mengungguli drama Korea? Drama Thailand sendiri memiliki beberapa kelebihan yang menjadi daya tarik utamanya sekaligus ciri khas yang menonjol.

Ending Anti Mainstream

Drama atau film Thailand memiliki alur yang sulit ditebak. Selain itu, ending yang ada di film juga seringkali sangat berbeda dengan ekspektasi penonton. Misal penonton dibawa pada suasana bahagia sepanjang film, tapi tiba-tiba film tersebut tanpa disangka-sangka memiliki ending yang mengenaskan.

Juaranya Komedi

Film Thailand selalu menyelipkan komedi yang khas dengan punch line yang nampol. Di Asia Tenggara, Thailand itu nomor satu kalau urusan komedi. Tidak peduli apakah itu film horror, romance atau lainnya, film Thailand selalu memberikan komedi yang membuat kita tertawa terbahak-bahak. Inilah yang menjadi daya tarik film Thailand dan remark tersendiri untuknya.

Alur Realistis

Alur yang realistis membuat penonton merasa relate dengan kisah yang ditayangkan di dalam film. Seperti kebanyakan film Thailand yang dibuat dengan alur yang realistis dan relatable dengan banyak orang. Tidak semua kisah berakhir bahagia, dan hal itu jugalah yang disajikan oleh film dan drama Thailand. Alur cerita dan ending dibuat begitu adanya, tidak seperti drama Korea yang seringkali membuat happy ending sebagai service untuk para penggemarnya.

 

Tiga hal di atas adalah yang paling menonjol dalam drama dan film Thailand. Jika Thailand terus memproduksi film-film dan drama yang menarik tanpa meninggalkan yang telah menjadi ciri khasnya, bukan tidak mungkin drama Thailand akan mampu menyusul Korea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here