Bithour Production - Review Alive : Perjuangan Bertahan Hidup di Tengah Wabah Zombie
Lotte Entertainment

Film Alive merupakan film zombie dari Negara Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2020. Film ini memiliki genre aksi dan horor thriller. Film ini dibintangi oleh Yoo Ah In dan Park Shin Hye. Film Alive ini ternyata berdasarkan dari Film Amerika Serikat dengan judul Alone karya Matt Naylor.

Film ini bercerita tentang perjuangan seseorang menghindari wabah zombie yang terjadi. Dalam film Alive ini, seorang pria bernama Oh Joon Woo yang baru bangun dari tidurnya dan hanya sendirian di apartemen karena di tinggal keluarganya pergi. Dan pada saat dirinya bangun tidur tiba-tiba kejadian yang Joon Woo tidak ingin terjadi, karena ada virus yang katanya berasal dari debu-debu halus yang ada di Negara Korea.

Dari situlah dirinya harus bertahan hidup selama berhari-hari dan kehabisan makanan serta minuman, dirinya itu harus bertahan di dalam apartemennya yang dimana dikelilingi oleh beberapa zombie sampai pada akhirnya dirinya bertemu dengan seorang wanita yang bertahan hidup bernama Kim Yu Bin yang juga tinggal sendirian. Dan mereka pada awalnya berkomunikasi melalui bahasa isyarat tubuh dikarenakan internet dan listrik mati. Sampai pada akhirnya Joon Woo memutuskan untuk keluar sementara dari apartemennya untuk mencari makanan dan mendapatkan walkie talkie, setibanya dia datang ke apartemennya dia berbagi makanan dan memberikan salah satu walkie talkie kepada Yu Bin. Agar memudahkan mereka berkomunikasi.

Bagaimana Karakter Oh Joon Woo dan Kim Yu Bin

Karakter Oh Joon Woo dalam film ini merupakan seorang gamer dan Kim Yu Bin dalam film ini merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan survival karena dirinya pernah mendaki gunung dan mampu menyelesaikan masalah dalam keadaan tenang. Keduanya bekerja sama mencari cara untuk keluar dari apartemen dan melawan para zombie yang sangat ganas.

Peningkatan Karakter Zombie

Untuk peningkatan karakter zombie memang pada umumnya pada film-film zombie lainnya, zombie dalam film biasanya memang peka terhadap suara, aroma manusia dan dapat berlari dengan cepat. Akan tetapi dalam film ini zombie digambarkan cukup pintar dibandingkan dengan zombie yang kita ketahui. Mereka bisa melihat dalam keadaan gelap, dapat membuka pintu, bahkan mereka bisa memanjat loh.

Baca Juga: Review Ashfall: Gempa Bumi Hampir Menghancurkan Semenanjung Korea

Pengetahuan Survival Untuk Bertahan Hidup di Dalam Apartemen

Untuk bertahan dalam sebuah apartemen karena adanya zombie yang tersebar di sekeliling apartemen bahkan di dekat pintu apartemen kita, tentu kita harus mempersiapkan apapun untuk bertahan hidup dalam apartemen hingga pertolongan datang menjemput kita. Kita biasanya dalam keadaan terjebak dan persediaan juga terbatas, maka itulah kita harus bisa memperhitungkan segalanya. Jika persediaan sudah habis, maka mau tidak mau karakter dalam film seperti Joon Woo harus mencari persediaan lagi dan harus menghadapi zombie yang berada disekitar kamar apartemennya.

Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil Dalam Film ini

Walaupun terjebak di dalam apartemen dan dikelilingi oleh zombie yang bertebaran dan cukup pintar jangan sampai kita putus asa dan menyerah apalagi sampai kepikiran sampai ingin bunuh diri. Jika kita diberikan dua pilihan antara harus mati kelaparan atau digigit oleh para zombie lebih baik berusaha untuk melarikan diri dari kaum zombie dan harus bisa melawan mereka, karena kita tidak tahu kedepannya bagaimana apakah bisa lolos dan selamat dari kejaran zombie dan selamat dari gigitan zombie.

Di sisi lain juga kita tidak boleh percaya dengan orang lain. Kenapa? Karena nanti akan seperti karakter Joon Woo dan Yu Bin yang harus percaya begitu saja kepada seorang pria yang berada disalah satu apartemen tersebut yang menyelamatkan mereka dari serangan zombie akan tetapi malah Yu Bin Ingin dijadikan santapan zombie yang merupakan istri dari pria yang menyelamatkan mereka.

Dan yang terakhir pelajaran yang bisa diambil adalah tolong menolong, pada saat pertama kali mereka bertemu posisi dimana Joon Woo ingin melakukan bunuh diri dengan menggantungkan dirinya akan tetapi Yu Bin menyelamatkan Joon Woo dan mengatakan tidak boleh mati dan harus bisa bertahan hidup. Walaupun keduanya saling tidak kenal satu dengan yang lainnya, tetapi Yu Bin berusaha menyelamatkan Joon Woo agar tidak bunuh diri dan mereka saling memberikan semangat satu sama lain untuk tetap bertahan hidup walaupun dikelilingi oleh zombie.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here