Bithour Production - Review Sonic The Hedgehog
Paramount Pictures

Sonic The Hedgehog adalah film yang diadaptasi dari game dengan judul yang sama. Kehadiran film ini disambut dengan baik oleh para penggemar game-nya walaupun dulu sempat diprotes karena desain karakter yang buruk.

Film produksi Paramount ini disutradarai oleh Jeff Flower dan dibintangi oleh Ben Schwartz, James Marsden, Jim Carrey dan Tika Sumpter.

Berikut ini review filmnya:

Sinopsis

Sonic telah memiliki kekuatan misterius sejak lahir yang memungkinkannya berlari dengan kecepatan yang luar biasa. Ia dirawat oleh Long-Claw, seekor burung hantu. Walaupun telah dilarang untuk menunjukkan kekuatannya, Sonic mengabaikan hal itu sampai akhirnya segerombolan penjahat yang mengejar kekuatannya memburu Sonic. 

Long-Claw terpaksa mengirim Sonic ke tempat lain yang jauh dari planet asalnya. Sementara Sonic kabur, Long-Claw menahan segerombolan penjahat yang mengejar Sonic. Dengan cincin teleportasi, Sonic dikirim menuju Bumi, tempat paling jauh dari planet asal Sonic. Maka hiduplah Sonic di bumi, bersembunyi sebisa mungkin di sana.

Karena merasa kesepian tanpa ada teman, Sonic sering mengintip kegiatan manusia. Manusia idola Sonic adalah Tom, seorang polisi yang ramah dan suka membantu. 

Suatu hari, ketika emosinya memuncak, Sonic melakukan kecerobohan yang membuat listrik seluruh kota padam. Hal yang sangat janggal ini membuat pemerintah menyelidiki penyebabnya secara serius. Kejadian ini sampai melibatkan Dr Robotnik yang ditugaskan untuk menyelidiki.

Dr Robotnik adalah ilmuwan yang sangat ambisius dengan penemuannya. Ia membutuhkan Sonic untuk diteliti dan diambil kekuatannya. Dengan bantuan Tom, Sonic berusaha menyelamatkan diri dari Dr Robotnik yang jahat.

Cerita yang Ringan 

Sonic The Hedgehog disajikan secara ringan dan sangat mudah dipahami ketika kita menontonnya. Bahkan orang awam yang tidak mengenal game Sonic sekalipun tidak akan dibuat bingung tentang isi ceritanya. Hal ini karena karakter di film ini diperkenalkan dengan baik sebelum memasuki konflik.

Sonic diperkenalkan lebih dahulu dari mana asal-usulnya walaupun masih terlalu singkat. Demikian juga dengan Tom dan Dr Robotnik yang diperkenalkan dengan baik dalam film ini. Kekuatan Sonic hanya disebut sebagai kekuatan misterius. Penulis hanya bisa menyimpulkan bahwa di planet asal Sonic, tidak ada kekuatan yang serupa dengan milik Sonic.

Alur cerita Sonic The Hedgehog mengalir dengan lancar. Tidak terkesan buru-buru juga tidak terlalu lambat. Penulis dibuat menikmati alur hingga tak sadar sudah berapa lama menontonnya. 

Karena ringannya cerita dalam Sonic The Hedgehog film ini justru lebih seperti film anak-anak. Mungkin bagi penggemar game-nya Sonic The Hedgehog akan memberikan pengalaman tersendiri. Tapi menurut penilaian penulis film ini cukup menghibur.

Efek dan Animasi

Film ini memiliki efek dan animasi yang halus. Penulis dibuat terbius dengan karakter Sonic terutama dari ekspresi dan suaranya. Seolah-olah Sonic adalah karakter yang nyata dan benar-benar ada di bumi.

Robot milik Dr Robotnik dan desain kendaraannya juga memanjakan mata. Efek pertarungan dan ledakan terlihat dibuat agak lembut dan dijauhkan dari kesan keras. Hal ini jadi kelebihan karena mempertahankan suasana menyenangkan yang telah diciptakan sejak film dimulai.

Komedi

Komedi adalah unsur yang sangat penting dalam film ini. Sonic The Hedgehog adalah film dengan suasana menyenangkan, maka komedi menjadi hal yang wajib untuk membangun suasana. Sonic sudah jelas lucu dengan kekonyolannya. Dr Robotnik bahkan menciptakan gaya komedinya sendiri yang membuat kita sama gelinya seperti ketika melihat aksi konyol Sonic.

Tapi tidak terlalu banyak komedi Tom yang berhasil. Atau mungkin karakter Tom sengaja tidak dibuat lucu. Adegan kakak ipar Tom yang diikat oleh Tom dan istrinya serta ditertawakan oleh anaknya adalah adegan yang gagal jika itu diniatkan untuk membuat lawakan.  

Kemungkinan Sekuel

Sebenarnya belum ada kabar apakah dari studio film apakah film ini akan ada sekuelnya atau tidak. Tapi ada dua hal yang membuat adanya kemungkinan sekuel untuk film ini. 

Faktor pertama adalah kesuksesan Sonic The Hedgehog. Film animasi ini telah mendominasi box office dan berada di jajaran teratas. Hal tersebut adalah peluang besar bagi studio film untuk membuat lanjutannya, karena ingin mengulangi kesuksesannya.

Faktor kedua adalah datangnya karakter baru yang memiliki kekuatan misterius seperti Sonic ke bumi. Dialah Miles Tails. Melihat apa yang dilakukan oleh Miles ketika datang, kemungkinan adanya sekuel film ini sangat besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here