Giant Squid Watchmen
Giant Squid Watchmen

Bitblog – Cumi-cumi raksasa menjadi karakter penting yang mengendalikan sebagian besar bahkan inti cerita di Watchmen. Datangnya monster ini menjadi ancaman bersama bagi negara di seluruh dunia. Termasuk dua negara besar yang perang dinginnya semakin memanas, Amerika Serikat dan Rusia. 

Serial Watchmen merupakan sekuel tidak langsung dari seri buku komik dan graphic novel Watchmen karya Alan Moore dan Dave Gibbons. Serial ini menampakkan wajah baru yang benar-benar original dan tidak mengambil dari tokoh dari cerita lama kecuali beberapa saja sebagai kilas balik. 

Dalam serial ini, rupanya cumi-cumi masih mempunyai pengaruh terhadap cerita walaupun bukan garis utamanya. 

Hujan Cumi-Cumi

Di episode pembukaan serial Watchmen, hujan cumi-cumi terjadi, menghentikan mobil-mobil di jalan. Kemudian reda, dan mereka melanjutkan kegiatannya seolah tidak terjadi apa-apa. 

Hujan cumi-cumi bukanlah fenomena alam, seperti angin badai yang membawa hewan laut ke daratan. Tapi ada sesuatu yang telah mengatur itu terjadi. Mengapa kejadian itu tidak lagi digubris oleh masyarakat adalah karena sudah terlalu sering terjadi. Tapi kedatangan pertama cumi-cumi ke tengah kota adalah mimpi terburuk seluruh warga kota New York. Dan trauma itu kemudian membentuk karakter Looking Glass, salah satu tokoh sentral dalam serial Watchmen.

Hujan Cumi-cumi Watchmen

Bencana Besar Cumi-Cumi Raksasa dan Trauma Looking Glass

Cerita dalam graphic novel diakhiri dengan bencana cumi-cumi raksasa yang meledak dan membunuh warga kota New York. Pada episode 5 serial Watchmen, kejadian dahsyat ini diperlihatkan ketika kita melihat latar belakang Wade Tillman a.k.a Looking Glass. 

Mayat-mayat tergeletak di jalanan. Darah mengalir dari mata, telinga, mulut serta lubang hidung. Wade yang tiada memahami apa yang terjadi hanya berteriak “Apa yang terjadi!” Dia selamat di antara ratusan ribu yang mati. Sementara di kejauhan, seekor monster sedang tergeletak di tengah-tengah kota.  

Kejadian itu membentuk karakter Wade sampai ia menjadi detektif dan bekerja di kepolisian. Rasa trauma yang diakibatkan oleh bencana besar cumi-cumi menyebabkan dirinya membentengi diri secara berlebihan terhadap cumi-cumi raksasa. Baik dari topeng, topi, bahkan squid shelter yang ia rancang untuk tahan terhadap serangan cumi-cumi yang nyatanya tidak pernah ada lagi.

Bagaimana Cumi-Cumi Raksasa Lahir

Orang di balik cumi-cumi ini adalah manusia tercerdas di bumi yang juga menjadi anggota Watchmen. Ialah Ozymandias alias Adrian Veidt. Dialah dalangnya.

Ketika permusuhan antara Amerika dengan Rusia semakin memanas dan jam kiamat semakin dekat, Adrian mencari cara untuk mencegah kiamat nuklir terjadi akibat perang besar. Maka dibuatlah ancaman lebih besar untuk mereka: alien. Alien ini berbentuk cumi-cumi raksasa yang rencananya akan mengamuk di kota. 

Dengan alat yang disediakan oleh Dr. Manhattan, ia mengatur skenario penyerangan alien. Namun, ketika cumi-cumi raksasa dikirim ke tengah kota oleh Adrian, alien tersebut malah meledak dan membunuh warga secara massal.

Penggambaran dalam Komik

Dalam versi komik, penggambaran cumi-cumi memberikan visual dan nuansa yang benar-benar terasa. Surealisme terasa hidup memenuhi kisah Watchmen. Dan medium komik memang mendukung untuk mewujudkan suasana surealis itu.

Giant Squid Watchmen comic

Menghidupkan Cumi-Cumi ke Layar

Sayangnya ketika dulu Watchmen diadaptasi ke layar lebar, monster cumi-cumi tidak dapat dihadirkan. Zack Snyder sebagai sutradara, mengganti cumi-cumi itu menjadi bom psionic rancangan Adrien. Ia meninggalkan jejak Dr. Manhattan di sana, sehingga semua mengira bahwa Dr. Manhattan lah pelakunya. Dan menjadi ancaman besar bagi dunia. Menyebabkan Amerika berdamai dengan Rusia untuk sama-sama menghadapi ancaman itu.

Kekecewaan beberapa penggemar terhadap ketidakhadiran cumi-cumi di film adaptasi terdahulu, kini tidak terulang lagi di serial terbarunya. 

Beberapa dekade lalu, menghadirkan adegan cumi-cumi raksasa di tengah kota adalah sesuatu yang rumit untuk dibuat. Tapi sekarang, hal itu dipermudah dengan adanya CGI. Serial ini memberikan adegan yang sempurna dan cantik, memberi gambaran terang atas apa yang dirasakan Wade dan menjadi traumanya seumur hidup.

Squid Attack

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here