The New Mutants
IMDB

Bitblog – Setelah lama ditunda perilisannya, bahkan hingga dua tahun, akhirnya New Mutants ditayangkan di bioskop. Meskipun film ini belum dapat tayang secara global karena penutupan bioskop masih berlaku di banyak negara. 

The New Mutants berbeda dengan film superhero Marvel lainnya. Film garapan Josh Boone ini dipadukan dengan genre thriller dan horor. Sutradaranya sendiri mengakui bahwa film ini terpengaruh dari film-film horor legendaris. Film horor menjadi inspirasi baginya untuk mengembangkan cerita.

Sebagai penutup cerita X-Men, New Mutants telah diharap-harapkan dapat meledak dan menjadi penutup yang sempurna. Trailer yang muncul 2017 lalu, mendapat respon yang cukup antusias. Tapi setelah filmnya rilis justru yang terjadi sebaliknya. 

Kritik negatif banyak ditujukan kepada film ini. Baik yang diposting di media sosmed maupun metakritik seperti IMDB dan Rotten Tomatoes. Di Rotten Tomatoes sendiri, film ini mendapat ulasan yang buruk dan tidak memuaskan. Saat artikel ini ditulis, dari total 58 kritikus film ini mendapat nilai 35%, sedangkan dari audience hanya mendapat 58%. 

Rendy Jones, pengulas film terkenal menempatkan The New Mutants sebagai film yang sangat berlawanan dengan franchise X-Men dan berhak mendapat reboot dari Disney. Sedangkan Scott Mendelson menyebut The New Mutants menganggapnya sebagai film X-Men terburuk yang pernah ada. 

“Ini adalah film X-Men terburuk yang pernah ada, mirip seperti menonton serial TV yang buruk,” reviewer dari Forbes ini mengeluarkan pendapatnya.

Walaupun dipuji karena mengambil genre horor, nampaknya penggarapan yang terlalu tergesa-gesa tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Prolog panjang yang menjemukan dan tidak memiliki inti menjadi sorotan kritik para penggemar. Intinya, The New Mutants telah gagal sebagai melodrama remaja. Horor yang coba ditawarkan tidak benar-benar horor karena tidak ada pemeran utama yang benar-benar berada dalam bahaya. 

Menanggapi serangan ini, salah satu pemeran The New Mutants mengeluarkan cuitannya di twitter. Ialah Maisie Williams. Baginya, ini bukan pertama kalinya dia mendapat projek film yang kurang mendapat sambutan positif. Karena ketika dulu ia bermain peran di Game of Thrones season terakhir, ia telah mendapat berbagai kritik negatif.

Respon William justru sedikit berbeda dari yang diduga. Di twitter ia membagikan sebuah review yang mengatakan “The New Mutants adalah film X-Men terburuk”. Alih-alih membalas kritik itu, ia justru menulis di postingan repost tersebut begini:

“Kedengarannya harus dilihat! Dapatkan tiket Anda sekarang.”

Yaps, dia justru mempromosikan film yang dibintanginya di atas sebuah kritik buruk yang pedas. The New Mutants memang tidak berada dalam posisi yang baik. Selain karena penonton enggan ke bioskop karena masih waspada corona, kabar kritik buruk yang tersebar membuat mereka semakin enggan. Yah, barangkali menunggu tersedia di layanan streaming film agar tidak merugi karena menonton film yang buruk.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here